SILABUS SMA BERKARAKTER

SILABUS

NAMA SEKOLAH                              : SMA 1 JEPON
MATA PELAJARAN                          : SOSIOLOGI
KELAS/PROGRAM                           : X
SEMESTER                                          ; 1
ALOKASI                                             : 2 Jam Pelajaran X 16 Minggu = 32 Jam Pelajaran
STANDAR KOMPETENSI              : “Mem hami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat”.
No
Kompetensi Dasar
Matei Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan / Alat
Pendidikan Karakter
Tatap Muka
Tugas Terstruktur

Keg. Mandiri tidak Terstruktur
1.1















1.2






















1.3









·   Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungn masyarakat dan lingkungan










·   Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat



















·   Mendiskripsikan proses interaksi social sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial
·   Sosiologi sebagai ilmu yg mengkaji hub masyarakat













·   Nilai dan norma social





















·   Interaksi social dan dinamika social










·   mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi
·   mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai realitas social.





·   Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma social dalam kehidupan masyarakat
·   Mendiskusikan tentang kasus” pelanggaran nilai & norma yang berlaku dalam masyarakat
·   Mendiskusikan &merumuskan solusi dalam penanganan kasus” pelanggaran nilai & norma yang dalam masyarakat


·   Secara klasikal merumuskan factor-faktor yang mendorong  terjadinya interaksi  dan dinamika social

·      Menyusun data tentang realitas sosial dalam masyarakat













·      Membuat daftar peran nilai dan norma dalam masyarakat
·      Membuat daftar kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
·      Menjelaskan cara” penanganan dan pengendalian  pelanggaran nilai dan norma sosial









·      Membuat daftar pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat
·      Membuat daftar pola-pola interaksi untuk terbentuk keteraturan sosial








·   Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli.
·   Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas social masyarakat.
·   Secara insividu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realitas social.



·   Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma social dalam kehidupan masyarakat.

·   Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat
·   Secara individu dapat membedakan antara niai dan norma social dalam kehidupan masyarakat.








·   Secara individu menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi social dan dinamika social
·   Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi social dan dinamika social
·      Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·   Mendiskripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas social


·   Mengidentifikasi data tentang realitas social masyarakat




·   Menjelaskan pengertian nilai dan norma

·   Mengidentifikasi nilai &  norma
·   Membedakan nilai & norma
·   Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat
·   Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
·   Menjelaskan cara” penanganan dan pengendalian  pelanggaran nilai dan norma sosial


·   Mendifinisikan interaksi social dan dinamika social
·   Menjelaskan factor yang mendorong terjadinya interaksi social dan dinamika social
·   Menghubungkan antara interaksi social dan keteraturan social
·   Mendiskripsikan pengalaman berinteraksi
·   Menjelaskan pola” interaksi
Tes tertulis
6 jam




2jam





4 jam




2 jam


4 jam




4 jam














2 jam




4 jam



2 jam







Sosiologi SMA X Yudistira, Erlangga

Pengantar
Sosiologi, Soerjono Soekamato

Gambar, artikel, foto, CD.

Disiplin, tanggungjawab, kepedulian terhadap lingkungan sekitar, menghargai pendapat orang lain, patuh terhadap peraturan yang berlaku, kemandirian









                                                                                                                                                                                                                                                                                Blora,  Juli 2010

                                                 Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran
SMA  1 JEPON                                                                                                                                                                                                                  SOSIOLOGI
    
               

                               


Komentar

Postingan Populer