SILABUS SMA BERKARAKTER
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMA 1 JEPON
MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI
KELAS/PROGRAM : X
SEMESTER ; 1
ALOKASI : 2 Jam Pelajaran X 16 Minggu = 32 Jam Pelajaran
STANDAR KOMPETENSI : “Mem hami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat”.
No | Kompetensi Dasar | Matei Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan / Alat | Pendidikan Karakter | ||
Tatap Muka | Tugas Terstruktur | Keg. Mandiri tidak Terstruktur | ||||||||
1.1 1.2 1.3 | · Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungn masyarakat dan lingkungan · Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat · Mendiskripsikan proses interaksi social sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial | · Sosiologi sebagai ilmu yg mengkaji hub masyarakat · Nilai dan norma social · Interaksi social dan dinamika social | · mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi · mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai realitas social. · Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma social dalam kehidupan masyarakat · Mendiskusikan tentang kasus” pelanggaran nilai & norma yang berlaku dalam masyarakat · Mendiskusikan &merumuskan solusi dalam penanganan kasus” pelanggaran nilai & norma yang dalam masyarakat · Secara klasikal merumuskan factor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi dan dinamika social | · Menyusun data tentang realitas sosial dalam masyarakat · Membuat daftar peran nilai dan norma dalam masyarakat · Membuat daftar kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat · Menjelaskan cara” penanganan dan pengendalian pelanggaran nilai dan norma sosial · Membuat daftar pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat · Membuat daftar pola-pola interaksi untuk terbentuk keteraturan sosial | · Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli. · Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas social masyarakat. · Secara insividu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realitas social. · Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma social dalam kehidupan masyarakat. · Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat · Secara individu dapat membedakan antara niai dan norma social dalam kehidupan masyarakat. · Secara individu menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi social dan dinamika social · Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi social dan dinamika social | · Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode · Mendiskripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas social · Mengidentifikasi data tentang realitas social masyarakat · Menjelaskan pengertian nilai dan norma · Mengidentifikasi nilai & norma · Membedakan nilai & norma · Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat · Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat · Menjelaskan cara” penanganan dan pengendalian pelanggaran nilai dan norma sosial · Mendifinisikan interaksi social dan dinamika social · Menjelaskan factor yang mendorong terjadinya interaksi social dan dinamika social · Menghubungkan antara interaksi social dan keteraturan social · Mendiskripsikan pengalaman berinteraksi · Menjelaskan pola” interaksi | Tes tertulis | 6 jam 2jam 4 jam 2 jam 4 jam 4 jam 2 jam 4 jam 2 jam | Sosiologi SMA X Yudistira, Erlangga Pengantar Sosiologi, Soerjono Soekamato Gambar, artikel, foto, CD. | Disiplin, tanggungjawab, kepedulian terhadap lingkungan sekitar, menghargai pendapat orang lain, patuh terhadap peraturan yang berlaku, kemandirian |
Blora, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
SMA 1 JEPON SOSIOLOGI
Komentar
Posting Komentar